Selasa, 04 September 2012

Himbauan Untuk Merantau




                                                 
Ciri orang yang berakal dan berbudaya adalah tidak akan tetap tinggal seterusnya di satu tempat. Meninggalkan tempat tinggalnya untuk mengembara itulah bagian dari istirahatnya.

Pergilah dengan penuh keyakinan! Niscaya akan engkau temukan pengganti apa-apa yang telah engkau tinggalkan. Bekerja keraslah karena hidup akan terasa nikmat setelah bekerja keras.

Sungguh aku melihat air yang tergenang dan terhenti memercikkan bau yang tidak sedap. Andaikan saja ia mengalir, air itu akan terlihat bening dan sehat. Sebaliknya, jika engkau biarkan air itu menggenang, ia akan membusuk.

Singa hutan dapat menerkam mangsanya, setelah ia tinggalkan sarangnya. Dan anak panah yang tajam tak akan mengenai sasarannya, jika tak beranjak dari busurnya.

Andaikan mentari berhenti selamanya di tengah langit, niscaya seluruh umat dari ujung barat sampai ke ujung timur akan merasa bosan kepadanya.

Emas bagaikan debu, sebelum ditambang menjadi emas. Dan pohon cendana yang masih tertancap di tempatnya tak ubahnya pohon-pohon untuk kayu bakar.

Jika engkau tinggalkan tempat kelahiranmu, kau 'kan temui derajat mulia di tempat yang baru, dan kau bagaikan emas yang sudah terangkat dari tempatnya,



(Diwan Al-Syafi'i li Abi Abdillah Muhammad ibn Idris Al-Syafi'i)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar